Sample Text

Dampak Positif dan Negatif Facebook



Facebook di zaman ini memang telah menjadi suatu ‘kebutuhan’ bagi setiap remaja, dan berikut dampak negatife dan positif dari Facebook :
           
·       Dampak Positif

1. Mempererat Hubungan Silaturahmi
Dengan facebook kita dapat bertemu kembali dengan saudara, family atau pun teman lama dan dengan mudah kita bisa berkomunikasi jarak jauh bersama mereka.

2. Sebagai Media Promosi
Facebook sangat potensial untuk mempromosikan sebuah produk,  jasa, intansi dan lain sebagainya.

3. Tempat Sarana Diskusi
Dengan facebook kita bisa bertukar pikiran ataupun berbagi informasi dengan membuat sebuah group atau organisasi.

4. Tempat Curhat
Facebook juga dapat digunakan sebagai tempat curhat apabila kita menghadapi suatu masalah. Dengan mengupdate status sebagai curahan hati setidaknya sudah bisa meringankan apa yang selalu membebani pikiran, apalagi setelah mendapat komentar dari teman, baik itu hanya sekedar memberikan humor atau semangat yang membuat suasana hati menjadi tenang dan terhindar dari stress.

5. Tempat Penyimpanan Data Pribadi
Koleksi atau album pribadi dapat di simpan di facebook, tentu saja album yang di maksud merupakan koleksi pribadi yang bisa di bagikan kepada teman sehingga mereka  bisa ikut melihat album tersebut.

6. Berbagi Informasi
Dengan facebook kita bisa saling memberikan atau berbagi informasi mengenai apa saja yang kita miliki yang tentunya saja bermanfaat, sehingga teman kita mendapat informasi yang mungkin saja sedang mereka butuhkan.


·       Dampak Negatif
1. Mengganggu Pekerjaan
Banyak karyawan, dosen dan  mahasiswa yang curi-curi waktu bermain facebook saat bekerja yang tentunya akan mengurangi hasil kerja dan dapat merugikan dirinya sendiri dan orang lain.

2. Batasan Ranah Pribadi yang Menjadi Kabur
Dalam facebook kita bebas menulis apa saja dan seringkali tanpa sadar kita menuliskan hal yang seharusnya tidak disampaikan melalui jejaring sosial, maka tak jarang pengguna facebook terkadang tak sadar menuliskan aib dirinya sendiri pada wall facebook nya.


3. Interaksi Sosial Berkurang
Banyak orang memilih menyendiri dirumah atau warnet ketimbang bergaul dengan teman-teman atau anggota keluarganya.

4. Dapat Menimbulkan Kesalahpahaman Antar Pengguna Facebook
Facebook merupakan jejaring sosial yang sifatnya terbuka. Haruslah disadari menulis status di wall facebook dan mengomentari status teman adalah sama hal nya seperti obrolan di kehidupan nyata bahkan efeknya mungkin lebih parah karena bahasa tulisan terkadang meimbulkan salah tafsir yang dapat menimbulkan masalah antar sesama pengguna facebook.

5. Penipuan
Seperti media online lainnya, facebook juga rentan dimanfaatkan untuk tujuan penipuan sampai kasus pembunuhan.

6. Mengganggu Kesehatan
Facebook  membuat orang berlama-lama di duduk depan komputer, padahal duduk berlama-lama didepan komputer sangat mengganggu kesehatan seperti kekurangan vitamin D yang akibatnya bisa membuat tulang mudah rapuh.

7. Lupa Waktu
Update status, upload foto, mengobrol atau melihat dinding teman facebook sangat mengasikkan dan yang akhirnya bisa membuat lupa waktu.

8. Pencurian Identitas
Mencantumkan identitas pribadi secara lengkap seperti nomor telepomn, alamat rumah dan lain-lain, dapat digunakan orang-orang yang tidak bertanggung  jawab dengan tujuan hal-hal negatif.

9. Buang-buang waktu.
Lebih banyak waktu kita yang terbuang sia - sia hanya untuk hal yang kurang bermanfaat, apa lagi kalau sudah kecanduan sulit untuk menghentikannya.

10. Pemborosan uang.
Ini terasa sekali jika online lewat handphone,  membuat tidak kita tidak menyadari dan tiba-tiba pulsa kita tiris/sekarat saat kita lagi asyik facebookan.

11. Malas belajar.
Mengerjakan tugas atau pekerjaan yang seharusnya kita kerjakan jadi terbengkalai karena facebookan terus, akibatnya secara tidak langsung telah berjam-jam tugas itu belum selesai juga.

12. Memicu terjadinya pergaulan bebas tanpa batas.
Di dunia maya, dunia tanpa batas, seseorang bisa menjadi siapa saja dan berbuat apa saja, baik atau buruk.

B.          Manfaat Facebook bagi Pelajar

                    Manfaat Facebook sabagai sarana komunikasi modern memang tidak dapat dipungkiri lagi, semakin lama semakin banyak pula pengguna Facebook di seluruh dunia saat ini, dikutip dari Reformasi Baru (Reformasibaru.blogspot.com) menyebutkan bahwa pada tahun 2009 saja, pengguna Facebook diseluruh dunia telah mencapai 400Juta user aktif, sedangkan di tahun 2012 data menyebutkan bahwa hampir ada 2Milayar user aktif diseluruh dunia, dan 50% dari mereka memperbarui status minimal setiap hari sekali, bahkan lebih.

                    Menurut hasil data yang kami ambil dari DETIK.com, Facebook yang mempunyai alamat web ‘www.facebook.com’ besutan Mark Zurkerbeg ini mendapatkan perhasilan ribuan dollar setiap harinya , tak ayal memang, dengan user sebanyak itu penghasilan Facebook memang terus meningkat. Sedangkan sekarang, apa manfaat Facebook bagi remaja? Dan berikut jawaban dari para responden yang telah kami dapatkan melalui angket :

Mencari teman / kenalan
56.88%
Media mencari pacar
5%
Media curhat
22.50%
Berkomunikasi dengan saudara
4.38%
Bermain games
5.00%
Mencari informasi
2.50%
Mengisi waktu luang
3.75%


Dari data diatas, dapat disimpulakan bahwa banyak sekali kegiatan yang dilakukan oleh pelajar dengan adanya Facebook, mulai dengan hal yang dapat bersifat positif sampak yang negatif. Dan kini, berapa lamakah kira-kira seorang pelajar mengakses Facebook dalam sehari? Berikut data yang telah kami dapatkan :

< 1 Jam per Hari
40.63%
1 Jam per Hari
13.13%
2 Jam per Hari
10.00%
3 Jam per Hari
25.63%
5 Jam per Hari
3.75%
10 Jam per Hari
1.25%
2 Hari sekali
5.63%



Setelah kita simak bersama melalui data diatas, dapat disimpulkan bahwa antusisasme pelajar dalam mengakses Facebook sangat besar, rata-rata pelajar mengakses Facebook dalam waktu 1-3 jam per hari. Nah, pertanyaannya sekarang apakah yang mereka rasakan selama bermain Facebook? Sangat menyenangkan? Ya! Namun, ada juga yang mengangggap bermain Facebook adalah suatu hal yang biasa, dan berikut data yang telah kami dapatkan sehubungan dengan hal tersebut :


Sangat menyenangkan
12.50%
Menyenangkan
39.38%
Biasa saja
46.25%
Tidak Suka
1.88%


Sangat mengejutkan bukan? Dan selanjutnya, kira-kira diwaktu apakah mereka mengakses Facebook? Berikut data yang kami dapatkan :

Pagi Hari ( Saat sekolah )
1.25%
Siang Hari ( Pulang sekolah )
6.25%
Sore Hari
7.50%
Malam hari
6.88%
Setiap saat dimanapun kapanpun
78.13%

Sebuah data yang sangat mencengangkan bagi kami, lebih dari 75% jawaban dari responden menyatakan bahwa mereka tidak memperdulikan tempat dan waktu jika ingin membuka Facebook, dari pernyataan tersebut mungkin akan muncul banyak persepsi, salah satu diantaranya adalah anggapan bahwa mereka juga akan membuka Facebook dalam jam-jam pelajaran sekolah.

Fakta yang kimi dapatkan di lapangan juga menyebutkan bahwa hampir 50% dari responden suka membuka Facebook di jam-jam pelajaran, dengan hal demikian, konsentrasi belajar siswa juga pastinya akan menurun. Hal inilah yang menjadi sorotan banyak orang beberapa waktu ini.

Beranjak dengan pertanyaan selanjutnya, kira-kira di umur berapakah mereka mempunyai akun Facebook? Berikut hasil yang telah kami dapatkan :


< 12 Tahun
43.13%
12 Tahun
38.75%
13 Tahun
16.25%
14 Tahun
1.88%

0 komentar:

Poskan Komentar

Sample Text

Sample Text

music

Blogger templates

Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Pages - Menu

[Facebook] Roni Bahtiar

https://www.facebook.com/bahtiar7

[Twitter] @roni_br

https://twitter.com/roni_br

Followers

Featured Posts